Minggu, 10 Oktober 2021

Indosat Ooredo sudah bisa 5G ?

Indosat Ooredo sudah bisa 5G ?

 Tidak hanya Telkomsel, Indosat Ooredoo juga sudah mulai menggelar jaringan 5G secara komersil di Indonesia. Ya, kamu kini sudah bisa menjajal jaringan masa depan tersebut dengan menggunakan kartu IM3 Ooredoo.

Meski begitu, tidak semua wilayah bisa merasakan jaringan tersebut. Pun tidak semua HP atau smartphone 5G bisa memanfaatkan 5G dari Indosat Ooredoo.

Lantas, daerah mana saja yang bisa menggunakan jaringan 5G dari Indosat Ooredoo? Berikut beberapa hal penting yang harus kamu tahu soal jaringan 5G dari Indosat Ooredoo.

Jangkauan 5G Indosat Ooredoo

belum semua wilayah di Indonesia kebagian jaringan 5G dari Indosat Ooredoo. Jaringan tersebut baru hadir secara terbatas di kota tertentu.

Kota-kota dan wilayah yang telah kebagian, antara lain:

- Jakarta: Area Monas

- Solo: Area Inner City

- Surabaya: Area Genteng

- Balikpapan: Area Gunung Bahagia

- Makassar: Area Pettarani

Daftar kota dan wilayah yang mendukung 5G dari Indosat Ooredoo tentunya akan makin banyak dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu, mari sedikit bersabar.

Band yang mendukung jaringan 5G Indosat Ooredoo

Untuk mendapatkan jaringan 5G dari Indosat Ooredoo, HP kamu setidaknya sudah harus mendukung pita (band) n3. Band tersebut diharuskan bisa berjalan di frekuensi 1.800MHz (1,8GHz).

    . Saat ini, 5G dari Indosat Ooredoo memang baru berjalan di frekuensi 1.800MHz. Tentunya, untuk ke depannya, frekunsi tersebut akan bertambah. Jadi, jika HP 5G kamu ternyata belum mendukung n3, ke depannya masih ada kemungkinan mendukung 5G Indosat Ooredoo seiring bertambahnya frekuensi yang dialoksikan ke jaringan tersebut.

Adapun HP atau smartphone 5G yang telah mendukung jaringan 5G Indosat Ooredoo adalah:

Apple:

- iPhone 12 Mini

- iPhone 12

- iPhone 12 Pro

- iPhone 12 Pro Max

Huawei:

- Mate 40 Pro

- P40 Pro/Pro +

- P40

- Mate Xs

- Nova 7

Oppo:

- A74 5G

- Reno5 5G

- Find X2

- Find X2 Pro

- Find X3 Pro

Vivo:

- V21 5G

- X60/X60 Pro

Samsung:

- Galaxy A32 5G

- Galaxy S21

- Galaxy S21+

- Galaxy S21 Ultra

Asus:

- ROG Phone 3

Xiaomi:

- Mi 10T 5G

- Mi 10T Pro 5G

- Mi 11

Oh ya, kamu juga mesti unlock software agar HP-HP tersebut bisa menjalankan 5G ya!

Saat ini, kemungkinan besar, kamu sudah menggunakan kartu jenis USIM untuk HP 4G kamu. Nah, bagi yang ingin beralih ke 5G, kamu sudah tidak perlu mengganti kartu. Pasalnya, kartu USIM 4G IM3 Ooredoo juga dapat digunakan untuk mendukung 5G.

Apabila belum, kamu bisa melakukan penggantian kartu di gerai-gerai resmi Indosat.

Harga Paket 5G Indosat Ooredoo

Meski belum secara rinci, Indosat Ooredoo telah membocorkan harga paket internet 5G yang ditawarkan IM3 Ooredoo.

Menurut pihak Indosat, sebagaimana dirangkum dari Kompas Tekno, kamu yang ingin menjajal 5G dapat menggunakan paket yang sudah ada, yakni Freedom Internet untuk prabayar dan Prime untuk pascabayar.

Paket Freedom Internet sendiri dijual dengan harga hingga Rp150.000. Nah, paket internet 5G sendiri bakal dijual dengan harga mulai dari Rp100.000-an.

Selain itu, Indosat bakal meluncurkan kartu 5G IM3 Ooredoo. Kartu tersebut sudah punya akses langsung ke jaringan 5G. Nantinya, kartu tersebut akan dilengkapi dengan paket data 8GB dan 16GB.

Nah, itu tadi hal yang harus kamu ketahui agar bisa menjajal 5G Indosat Ooredoo. Dari semua syarat di atas, apakah HP dan lokasi kamu sudah mendukung?

 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 AEMITRA.ID | All Right Reserved