Nomor Pusat pesan Semua OPERATOR

Mungkin anda pernah mengalami kesulitan untuk mengirim SMS (Short Message Service) dimana pesan yang anda kirimkan selalu gagal terkirim, padahal pada saat yang bersamaan teman anda yang menggunakan kartu selular yang sama dengan anda tidak mengalami masalah dalam berkirim sms.

Perlu anda perhatikan jika anda mengalami masalah seperti tersebut diatas, maka ada beberapa kemungkinan penyebabnya diantaranya: (1) ponsel anda bermasalah sehingga sinyalnya lemah sekali atau tidak dapat sinyal; (2) SMS Center (Pusat pesan SMS) anda tidak benar; (3) sebab-sebab yang lainnya misalnya pada ponsel Symbian/Java, sumber daya memori internal (memory resource)yg tersisa tinggal sedikit karena ponsel sudah lama dipakai untuk mengakses aplikasi2 yg memerlukan memori cukup besar misalnya untuk browsing atau main game.Jika hal ini yg anda alami,maka solusinya adalah anda harus me-restart (mematikan dan menyalakan kembali) ponsel anda.

Masalah yang paling sering dijumpai adalah masalah nomor 2 yaitu pusat pesan SMS yang tidak benar dimana penyebabnya biasanya akibat nomor pusat pesannya secara tidak sengaja telah berubah yang bisa disebabkan karena sering gonta-ganti kartu selular dari operator yang berbeda. Perlu diketahui bahwa SMS center tiap operator GSM adalah berbeda-beda. Khusus untuk semua operator CDMA (Flexi, fren, starone,esia dan lain2) pusat pesannya telah diatur diserver masing2 operator.

Bagaimana cara setting atau pengecekan Pusat pesan SMS? Untuk melakukan setting atau pengecekan pusat pesan SMS secara umum kita harus masuk Pesan-Pengaturan Pesan-Pusat pesan-kemudian ketikkan nomor pusat pesan sesuai dengan kartu yang anda pakai. Misalnya kita memakai kartu Mentari dari Indosat, maka pusat pesannya harus 
+62816124.

Berikut ini beberapa contoh setting atau pengecekan pusat pesan SMS pada beberapa jenis ponsel dengan menggunakan kartu Mentari:
(1) Siemens C55
Menu> Pesan> Profil SMS> Profil 1> Pilihan> Ubah setting> Pusat Layanan> ketikkan +62816124> OK
(2) Nokia 2610
Menu> Olah Pesan> Pengaturan Pesan> Pesan teks> Pusat pesan> Pusat pesan>Nama pusat: Pusat pesan ; Nomor pusat: +62816124 > Simpan> Tetapkan sebagai pusat pesan default? > YaBerikut ini data pusat pesan (SMS Center) beberapa kartu GSM dari beberapa operator selular di Indonesia
(1) Mentari [Indosat] : +62816124
(2) IM3 [Indosat] : +62855000000(3) Simpati & Kartu As [Telkomsel] : +6281100000(4) XL [Excelcomindo] : +62818445009(5) Three [Hutchinson] : +6289644000001(6) Axis [Lippo Tel] : +628315000032Dengan mengetahui nomor-nomor SMS Center tersebut diharapkan anda tidak lagi kebingungan jika suatu saat anda mengalami masalah dalam pengiriman sms, terutama yang disebabkan oleh kesalahan setting nomor pusat pesan.
avatar

Informasi!

Ini bukan Website resmi (Web Marketing)

Hubungi Kami